Rabu, 23 November 2011

Bersosialisasi yang baik


 ------Bersosialisai yang baik------


Bab I       : Pendahuluan

1.     Latar Belakang
Banyak masyarakat yang kurang mengerti bagaimana seharusnya bersosialisasi atau berkomunikasi yang baik, sehingga menjadikan mereka susah untuk dekat dengan seseorang, ataupun tidak di senangi oleh masyarakat di sekelilingnya.

2.     Masalah atau Topik Bahasan
Saat ini banyak sekali masyarakat yang kurang memperdulikan Bagaimana sikap untuk bersosialisai dengan baik dan sopan.

3.     Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan ini adalah untuk mengingatkan sekaligus memperbaiki cara berkomunikasi ataupun Bersosialisasi Masyarakat agar menjadi masyarakat yang tidak hanya Baik dalam berpendidikan akademis tetapi juga Baik dalam bersosialisasi.








BAB II     : Pembahasan
1.     Pengertian Sosialisasi
Sosialisasi diartikan sebagai sebuah proses seumur hidup bagaimana seorang individu mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang meliputi cara-cara hidup, nilai-nilai, dan norma-norma social yang terdapat dalam masyarakat agar dapat diterima oleh masyarakatnya. Berikut pengertian sosialisasi menurut para ahli
1. Charlotte Buhler
Sosialisasi adalah proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri, bagaimana cara hidup, dan berpikir kelompoknya agar ia dapat berperan dan berfungsi dengan kelompoknya.
2. Peter Berger
Sosialisasi adalah suatu proses dimana seseorang menghayati serta memahami norma-norma dalam masyarakat tempat tinggalnya sehingga akan membentuk kepribadiannya.
3. Paul B. Horton
Sosialisasi adalah suatu proses dimana seseorang menghayati serta memahami norma-norma dalam masyarakat tempat tinggalnya sehingga akan membentuk kepribadiannya.
4. Soerjono Soekanto
Sosialisasi adalah proses mengkomunikasikan kebudayaan kepada warga masyarakat yang baru.

2.     Tujuan Sosialisi
Sosialisasi sebagai proses sosial mempunyai tujuan untuk :
a.      Mengetahui lingkungan alam sekitar
b.     Mengetahui lingkungan sosial baik lingkungan sosial individu tinggal    maupun lingkungan lainnya
c.       Mengetahui nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat
d.      Mengetahui sosial budaya masyarakat


3.     Faktor yang mempengaruhi proses sosialisasi
a.       Faktor Intrinsik : faktor yang berasal dari dalam diri individu
                  1)      Fisik manusia
                  2)      Bakat-bakat individu
                  3)      IQ atau kecerdasan
b.      Faktor Ekstrisik : faktor yang berasal dari luar diri individu
                  1)      Kondisi lingkungan keluarga
                  2)      Kondisi lingkungan masyarakat setempat
                  3)      Kondisi lingkungan pergaulan
                  4)      Kondisi lingkungan pendidikan
                  5)      Kondisi lingkungan pekerjaan
                  6)      Kondisi masyarakat luas

 
4.       Media Sosialisasi
a.       Keluarga : baik keluarga inti (nuclear family) maupun kekerabatan (extended family) mempunyai fungsi :
1)      Fungsi ekonomi
2)      Fungsi pendidikan
3)      Fungsi sosialisasi
4)      Fungsi Pengawasan Sosial
5)      Fungsi reproduksi
6)      Fungsi penghubung kerabat
b.      Teman bermain
Disebut juga teman sebaya, sosialisasi ini dilakukan dalam kelompok bermain dengan cara mempelajari pola interaksi dengan orang yang sederajat, anak dapat mempelajari peraturan yang mengatur peranan orang sederajat juga mempelajari nilai keadilan.
c.       Lingkungan sekolah
Yang dipelajari adalah kemandirian, prestasi, universalisme dan kekhasan.
d.      Lingkungan kerja
Dalam lingkungan kerja seseorang individu akan berhadapan dengan macam-macam individu dengan kepribadian yang beraneka ragam, dalam lingkungan ini individu telah mempraktekkan dan melaksanakan penyesuaian diri dengan orang lain serta menjalankan peran sosialnya sesuai dengan kedudukannya.
e.       Media massa
Media cetak serta media eletronik, besarnya pengaruh media sangat bergantung pada kualitas dan frekuensi pesan yang disampaikan.
Media massa mempunyai fungsi :
1)      Fungsi informasi
2)      Fungsi edukasi
3)      Fungsi hiburan
4)      Fungsi komunikasi


5.     Cara bersosialisasi yang baik

a.     Ruang lingkup Antar teman ( antar masyarakat )
1.  Menghargai Orang lain
     Kita sebagai Manusia Yang hidup saling membutuhkan harus bisa menghargai segala bentuk apapun yang ada pada orang lain. Baik itu masalah pendapat, keahlian, maupun sifat dan pribadi dirinya. Jangan sampai keluar kata-kata yang bisa menyinggung orang lain… Kalo kamu mau dihargai oleh orang lain.
2. Bercanda
    Memang benar, bercanda adalah sesuatu yang asyik pada diri Manusia, Tapi jangan sampai kita Over Low dalam bercanda sama orang lain dan kita harus melihat situasi orang yang mau kita ajak bercanda apakah memungkinkan apa nggak untuk di ajak bercanda.
Kalo pun dia sedang dihadapi dengan kesulitan yang sangat berat kita harus bisa membuat dia tertawa, tersenyum dan merasa nyaman bila berada di samping kita meskipun dalam keadaan yang segmenting mungkin.
3. Menjadi Orang Yang di Percaya
     Kalo kita di Percaya oleh Teman/Orang lain, itu bukanlah sesuatu Yang Baik buat kita, emang sih… dipercaya oleh teman bisa membuat kita senang, senang karena dipercaya oleh orang lain. Tapi yang membuat kita rada susah yaitu apakah kita bisa menjaga kepercayaan yang di berikan oleh orang lain kepada kita??
Jadi, agar kita bisa memelihara kepercayaan itu salah satu caranya ialah Jangan biasakan menjadi mulut Ember, dan berpikir rahasia orang lain adalah rahasia kita juga.
4. Menjadi Teman Yang bisa diandalkan
    Nah ini dia.. apakah kita sudah bisa menjadi teman Yang Baik
Apakah kita sudah pantas di sebut sebagai seorang teman yang bisa diandalkan? Bisa diandalkan oleh oranglain bila mereka mendapatkan hal yang sangat sulit.
Untuk menjadi teman yang bisa diandalkan memang susah susah Gampang. Cara Gampangnya ialah.. cukuplah memenuhi criteria yang telah disebutkan diatas, yaitu : Kita bisa menghargai Orang Lain, bisa membuat Teman tersenyum dalam keadaan apapun mekipun dalam keadaan yang sangat genting, Menjaga kepercayaan yang diberikan oleh Teman/Orang.


b.      Ruang lingkup lingkungan kerja
Kemampuan sosialisasi memang selalu diidentikkan dengan kemampuan berkomunikasi dengan lingkungan. Namun tentu saja bukan asal komunikasi, Anda harus memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik. Karena melalui sosialisasi yang baik dapat mengantarkan Anda ke gerbang kesuksesan.

Nah untuk mewujudkannya, Henny E Wirawan MHum Psi, psikolog dari Universitas Tarumanegara mengungkapkan cara-cara untuk bersosialisasi di lingkungan kerja, antara lain:

1. Latih kemampuan berkomunikasi
     Melatih kemampuan berkomunikasi dengan orang lain dapat dimulai dari hal-hal yang kecil. Meskipun itu hanya dimulai dengan sebuah basa-basi seperti melempar senyuman atau bertanya kepada orang lain terlebih dahulu mengenai kabar atau pekerjaan.
Kalau ada feedback, maka akan membuat Anda terdorong untuk lebih berani berkomunikasi lebih lanjut dengan orang lain.
2. Utarakan hal-hal yang lebih teknis
     Bangun komunikasi dengan mengutarakan hal-hal yang lebih teknis. Namun sebaiknya fokus pembicaraan harus jelas, obrolan tanpa arah akan membuat lawan bicara Anda bingung.
3. Perluas wawasan
     Agar dapat menjalin komunikasi yang baik, sebaiknya perluas wawasan Anda. Caranya yaitu rajin membaca agar Anda lebih mudah mengetahui arah pembicaraan dan tidak salah pengertian mengenai topik pembicaraan yang dibahas.
4. Ketahui waktu untuk diam dan bicara
     Anda harus tahu kapan waktu untuk bicara dan diam. Diam di sini untuk belajar mengetahui orang lain dan mengamati dulu mengenai sesuatu. Menjadi pendengar yang baik dapat membuat Anda mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berbicara. Sehingga orang lain dapat lebih menghargai Anda.
5. Hati-hati berkomentar
    Simak dengan baik ketika orang lain sedang mengajak Anda berbicara. Jika hendak berkomentar, jangan mengeluarkan pernyataan yang akan membuat orang lain merasa tidak nyaman. Pastikan bahwa komentar kita memang berisi.



BAB III : Penutup

1.    Kesimpulan
Kita sebagai mahluk Sosial haruslah bisa  menghargai satu sama lain, dan menjadi pribadi yang baik dimata seseorang sehingga terjalin sosialisasi yang baik, yang akan menuntun kita menuju kesuksesan.

2.    Saran
Jika kita ingin menjadi pribadi yang baik dalam bersosialisasi, maka kita harus mau mencoba untuk mengerti satu sama lain, dan tidak egois dalam segala hal, mencoba menjadi pribadi yang dapat menempatkan posisi yang tepat untuk bersikap.





Referensi

3.    3.  http://www.yousaytoo.com/pengertian-sosialisasi/170721

0 komentar:

Posting Komentar