Kali
ini saya akan memberikan tutorial untuk membuat suatu animasi dengan
menggunakan sebelumnya kita perlu mengetahui apa itu Blender, Blender adalah perangkat
lunak untuk grafis 3 dimensi yang
gratis dan populer di kalangan desainer.
Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi.
Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan.
Dalam
membuat suatu animasi kita membutuhkan sebuah objek yang nantinya objek itu
akan kita gerak-gerakan, skrg saya akan membuat sebuah monster jamur, yang
dinamakan Spore.
Berikut tutorial nya :
- Kita buka terlebih dahulu software blender, setelah terbuka kita akan dihadapkan dengan suatu kubus dan juga kamera, kubus ini lah yang nantinya akan kita gunakan untuk membuat suatu karakter jamur.
- Pertama- tama kita ke bagian edit mode terlebih dahulu, lalu bagi kubusnya menjadi 9 segmen di setiap sisinya, dengan cara tekan W pada keyboard lalu pilih subdivide ànumber of cuts (2). (pada bagian kiri layar).
Beginilah hasil setelah di subdivide.
Setelah itu kita dapat mengklik W à smooth à number of times
to smooth (4). (pada bagian kiri layar)
Ini adalah hasilnya setelah di smooth 4 kali.
- Setelah itu kita dapat menekan CTRL+2 agar subdivision setnya (2) sehingga objek terlihat lebih mulus
- Setelah selesai kita dapat tekan S lalu tekan X,Y atau Z untuk memperbesar terhadap sumbu yang kita inginkan, saya ingin memperbesar terhadap sumbu Z maka, tekan S lalu Z setelah itu tarik mouse sesuai kebutuhan, seperti ini :
- Setelah selesai kita akan membagi segmen-segmen yang ada dengan cara CTRL+R lalu letakkan sehingga menjadi seperti berikut :
- Setelah itu kita akan memblock faces satu persatu, Dengan cara klik kanan pada satu faces lalu tekan shift sambil klik faces yang lainnya sehingga terblok.
- Setelah itu kita tekan S (scale) tarik secukupnya hingga kira-kira seperti ini :
- Setelah selesai kita akan melakukan scale lagi dengan cara yang sama menambahkan segmen jika perlu , lalu diblock terlebih dahulu satu persatu faces, lalu tekan S dan tarik sehingga terlihat seperti berikut :
- Setelah itu kita akan membuat tanduknya dengan cara, mengextrude facesnya lalu scale, lalu extrude dan scale lagi agar tanduknya terlihat lancip . Setelah bagian badannya sudah sedikit nampak, maka kita akan melakukan teknik mirror untuk mempermudah pembuatan karakter, sebelumnya kita bagi lagi menjadi 2 bagian dengan CTRL+R seperti ini :
- Hapus sebagian karakter dengan di block sebagian lalu X à faces, Setelah sebagian badan jamur terhapus, maka kita akan mengaktivkan mirror dengan cara pada bagian object modifiers (kanan layar), kita pilih add modifier à mirror, terhadap sumbu x.
- Setelah selesai, maka kita akan membuat bagian tangan dan juga kaki, dengan cara yang sama seperti membuat tanduk. extrude lalu scale
- Setelah selesai, kita akan membuat rongga mata, dengan cara menextrude kedalam sah satu facesnya.
- Setelah itu kita tekan SHIFT+A uv sphere, untuk membuat bola mata, lalu ganti segmennya menjadi 6 dan rings nya menjadi 7 (layar kiri) , setelah itu tekan R à X dan ketik 90 untuk rotasi 90 terhadap sumbu X. Setelah itu scale bola, dan masukkan ke rongga mata yang telah kita buat
- Setelah selesai kita akan meng-apply mirrornya , sehingga dapat menjadi satu objek, mirror dan objek yang originalnya. Dalam keadaan object mode, klik apply pada object modifier à mirror
- Setelah itu kita kembali kepada edit mode lalu mengextrude bagian mulutnya, sebelumnya dibagi lagi dengan CTRL+R lalu extrude kedalam .
- Badan karakter selesai, dan kita akan mulai mewarnainya, dengan menggunakan materials, kita akan memberikan kira2 6 warna terhadapap objek maka kita akan membuat new 6 materials, dan masing-masing kita pilih warnanya. lakukan seperti itu hingga warna ke-6
- Lakukan terus, hingga setiap bagian objek berwarna seperti yang kita inginkan, lalu pindah ke object mode
- Setelah selesai kita akan membuat dia bergerak, dengan cara memasukkan armature kedalam tubuhnya. Add à armature single bone
- Setelah itu pada bagian armature (kanan) kita ceklis X-ray agar saat dimasukkan kedalam tubuh, armaturenya terlihat.
- Setelah itu pada edit mode, kita akan membuat kerangka pada tubuhnya dengan cara mengextrude bagian bundar pada ujung armature.
- Setelah selesai membuat kerangka untuk kaki tangan maka kita akan kembali kepada object mode, lalu klik bagian karakter tahan menggunakan SHIFT, lalu klik bagian armature. Setelah terblock ke2 nya maka tekan CTRL+P à with automaticweights agar karakter dapat bergerak sesuai dengan kerangka yang kita gerakan
- Setelah selesai, kita akan ke pose mode untuk mencoba gerakannya apakah armature dengan karakter sudah menyatu atau belum. Jika sudah kita dapat memposisikannya lalu tekan I à whole character pada timeline. Geser garis hijau, gerakan tekan I à location pada time line.
- Setelah itu kita dapat mengatur kamera, dengan rotate dan menggesernya, sehingga pas saat di render nanti.
- Jika sudah maka siap untuk kita render, dengan klik animasi, setelah itu kita tinggal menunggu hasilnya dan play.
Mungkin masih banyak kekurangan, dalam pembuatannya, mohon maaf, dan semoga bisa membantu :)
- Referensi : 1. http://id.wikipedia.org/wiki/Blender_(perangkat_lunak)
Halo Admin :)
BalasHapusSaya sangat suka dengan postingan foto-fotonya :)
Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi foto-foto,video,menggunakan hosting yang lain dengan tujuan promosi ? :)
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.
Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)
Terima kasih.
Salam.
dewi